PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI BEKERJA SAMA DENGAN TETANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI GUPPI AT TAQWA WALED KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Zunifah, Dwi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI BEKERJA SAMA DENGAN TETANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI GUPPI AT TAQWA WALED KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi 2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Example Non-Example dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi bekerja sama dengan tetangga pada siswa kelas II MI Guppi At Taqwa Waled tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas II MI Guppi At Taqwa yang dilakukan terhadap 20 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran Example Non-Example dengan Media Gambar. Penelitian tindakan kelas terdiri mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun perbaikan dalam tindakan siklus selanjutnya. Untuk mengumpulkan data diperlukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes formatif untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor yangdiperoleh pada setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 (sesuai dengan KKM yang berlaku di MI Guppi At Taqwa Waled). Diperoleh bahwa hasil belajar dari mulai pra siklus yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa atau 40% dari 20 siswa, siklus I yang mencapai KKM 9 siswa atau 45% dari 20 siswa, siklus II yang mencapai KKM 12 siswa atau 60% dari 20 siswa dan siklus III yang mencapai KKM 18 siswa atau 90% dari 20 siswa. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5%, sedangkan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 30%. Jadi, dari siklus III diperoleh 90% ≥ 85%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Example Non-Example dengan Media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi bekerja sama dengan tetangga. Selain peningkatan hasil belajar keaktifan, minat dan perhatian siswa juga meningkat dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Oct 2018 03:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item