Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Jual Beli Melalui Metode Bermain Peran Dengan Media Gambar Siswa Kelas III Semester II MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Choiriyah, Rif’atul (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Jual Beli Melalui Metode Bermain Peran Dengan Media Gambar Siswa Kelas III Semester II MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_RIF'ATUL CHOIRIYAH_115-14-122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual melalui metode bermain peran dengan media gambar siswa kelas III semester II MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Apakah metode bermain peran dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual melalui metode bermain peran dengan media gambar siswa kelas III semester II MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode bermain peran dengan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, pengamatan, dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa, dengan materi pokok kegiatan jual beli. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan metode bermain peran dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli siswa kelas III semester II MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar IPS pada pra siklus yang tuntas sebanyak 12 siswa (41%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 17 siswa (59%) dengan nilai rata-rata 66,89. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dari kondisi awal (pra siklus) yang tuntas sebanyak 20 siswa (69%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa (31%) dengan nilai rata-rata 76,55. Dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yang tuntas sebanyak 27 siswa (93%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dengan nilai rata-rata 80,34. Dari seluruh pembahasan dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil karena sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85% sehingga penelitian dihentikan sampai siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:19
Last Modified: 30 Oct 2018 03:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item