PENGARUH PENGAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TA’DZIM SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF PONGGOL GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Hasanah, Zuhanul (2015) PENGARUH PENGAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TA’DZIM SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF PONGGOL GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Zuhanul Hasanah_11111024.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengajaran Kitab Ta‟limul Muta‟allim terhadap sikap ta‟dzim siswa kelas XI MA Ma‟arif Ponggol Grabag Magelang tahun 2014/2015. Pertanyaan utama yang ingin dijawab (1) Bagaimanakah pengajaran Kitab Ta‟limul Muta‟allim di MA Ma‟arif Ponggol Grabag Magelang tahun 2014/2015? (2)Bagaimanakah pembentukan sikap ta‟dzim siswa kelas XI di MA Ma‟arif Ponggol Grabag Magelang tahun 2014/2015? (3) Adakah pengaruh pengajaran Kitab Ta‟limul Muta‟allim terhadap sikap ta‟dzim siswa kelas XI MA Ma‟arif Ponggol Grabag Magelang tahun 2014/2015? Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di MA Ma‟arif Ponggol Grabag Magelang dengan populasi sebanyak 157 siswa dan sampel sebanyak 36 siswa. Jenis data yang digunakan adalah penelitian lapangan (research), sumber datanya meliputi data primer dan data sekunder, sedangkan pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pengajaran Kitab Ta‟limul Muta‟allim tahun pelajaran 2014/2015 dalam kategori baik, ada 21 responden, dengan angka sebesar 45,27 berada pada interval kategori antara 37 – 47 dan hasil prosentase sebanyak 58%. (2) Pembentukan sikap ta‟dzim siswa kelas XI berada pada kategori sangat baik ,ada 26 responden, dengan angka sebesar 50,53 berada pada interval kategori antara 51 – 62 dan hasil prosentase sebanyak 78%. (3)Ada pengaruh yang signifikan antara pengajaran kitab Ta‟limul Muta‟allim terhadap pembentukan sikap ta‟dzim siswa kelas XI MA Ma‟arif Ponggol Grabag Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi diperoleh r xy sebesar 0,653 kemudian dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,424. Maka dari itu berarti r xy lebih besar dari nilai tabel 0,653> 0,424 sehingga hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 02:03
Last Modified: 23 Feb 2016 02:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item