Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Tema Ekosistem Sub Tema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem di MI Negeri Kedokan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Rizkiana, Defi (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Tema Ekosistem Sub Tema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem di MI Negeri Kedokan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tema ekosistem sub tema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem di Mi Negeri Kedokan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan masih banyak siswa yang mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang didapatkan, ditandai dengan masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tampak dari permasalahan tersebut, guru berinovasi dengan menerapkan pendekatan lain dalam pembelajaran. Penerapan pendekatan keterampilan proses menjadi salah satu alternatifnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode observasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yakni data pokok yang diperoleh secara langsung dari lapangan penelitian seperti siswa, guru, Kepala Madrasah MI Negeri Kedokan dan data sekunder yakni data penunjang diperoleh melalui literatur-literatur yang mengemukakan masalah yang dibahas. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan pre test dan post test. Hasil dari penelitian ini adalah ada adanya perbedaan nilai tes hasil belajar antara sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan keterampilan proses merupakan perbedaan yang signifikan, maka dapat dikatakan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tema ekosistem sub tema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem, dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 4,25) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt .ts 5% = 2,04), maka diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt yaitu 4,25 > 2,04

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:03
Last Modified: 31 Oct 2018 02:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item