Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Flashcard pada Siswa kelompok A RA Bina Insan Fitria ploso Randuacir Argomulyo salatiga Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Mualimah, Siti (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Flashcard pada Siswa kelompok A RA Bina Insan Fitria ploso Randuacir Argomulyo salatiga Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI MUALIMAH 116-14-049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media flashcard. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung permulaan pada siswa yang disebabkan kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada siswa kelas A RA Bina Insan Fitria Ploso Randuacir Kecamatan Argomulyo Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran pada materi berhitung permulaan sesuai yang telah direncanakan dalam RPP 3) Pengamatan, pengambilan data tentang hasil belajar siswa melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Refleksi, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A RA Bina Insan Fitria Ploso Randuacir Argomulyo Salatiga yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan media flashcard pada pembelajaran berhitung permulaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berhitung pemulaan siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang tuntas pada setiap siklusnya dibandingkan pada hasil pretest. Pada pretest siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau sebesar 30%. Kemudian pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 siswa atau 60%. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas menjadi 24 siswa atau sebesar 80%. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II memberi bukti bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada siswa kelompok A RA Bina Insan Fitria Ploso Randuacir Argomulyo Salatiga tahun pelajaran 2017/ 2018. Pengarang : a. Nama : b. e-mail :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:07
Last Modified: 31 Oct 2018 02:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4544

Actions (login required)

View Item View Item