Handayani, Etik (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL ANAK-ANAK ANGIN KARYA BAYU ADI PERSADA. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Etik Handayani_11111162.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Anak-Anak Angin karya Bayu Adi Persada. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Apakah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada novel Anak-Anak Angin karya Bayu Adi Persada 2. Bagaimanakah karakteristik tokoh utama pendidik yang patut diteladani pada novel Anak-Anak Angin karya Bayu Adi Persada 3. Bagaimanakah implikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis (descriptive of analyze research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan karya sastra, yaitu pendekatan pragmatik. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi, analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Anak-Anak Angin diantaranya: nilai pendidikan aqidah/keimanan (iman kepada Allah), nilai pendidikan syari’ah/ibadah (salat tahajud, wudhu, salat berjamaah, puasa, azan, membaca al qur’an, berdoa), nilai pendidikan akhlak {akhlak terhadap Allah (adab berdoa, bersyukur, husnudzan, tawakal), akhlak terhadap diri sendiri (qanaah, menjaga niat, muhasabah, ikhlas, tanggung jawab, disiplin, tawadhu’, jujur, sabar, hemat, optimis, amanah), akhlak terhadap orang tua (birrul walidain), akhlak terhadap sesama (menjamu tamu, ta’awun, peduli, menghargai, menyampaikan ilmu, gotong-royong, musyawarah, mengucapkan salam, menjenguk orang sakit, silaturahmi, saling memaafkan, sopan santun), akhlak terhadap guru (menghormati guru)}, (2) Karakter utama pendidik diantaranya: memiliki kompetensi pedagogik (menguasai kelas, kreatif dan inovatif), kompetensi profesional (menguasai materi), kompetensi kepribadian (optimis dan berorientasi pada masa depan, memiliki dedikasi yang tinggi, bijaksana dan adil, penuh kasih sayang, pantang menyerah), kompetensi sosial (peduli dan responsive, ramah dan bersahabat), (3) Implikasi nilai pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari yaitu tentang pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang harus dilakukan sejak dini untuk membentuk pribadi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Karena seorang anak adalah generasi penerus bangsa yang tidak hanya harus kuat dalam hal ilmu pengetahuan akan tetapi juga kuat dalam hal kepribadian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 02:08 |
Last Modified: | 23 Feb 2016 02:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/455 |
Actions (login required)
View Item |