Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bumi dan Alam Semesta dengan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Ulum Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Ali, Laili Maulida (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bumi dan Alam Semesta dengan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Ulum Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LMA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Tarbiyatul Ulum Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti memiliki ide model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih oleh peneliti yaitu model pmbelajaran Make a Match. Model pembelajaran Make a Match yaitu model pembelajaran dimana siswa belajar dengan mencocokan kartu bersama temannya dan bisa memupuk kerjasama. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bumi dan alam semesta dengan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam waktu 3 bulan yaitu dimulai pada bulan Maret sampai Mei 2018. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi bumi dan alam semesta pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus yang mencapai KKM hanya 30% (6 siswa yang tuntas) sedangkan 70% tidak tuntas. Kemudian pada siklus I atau setelah adanya tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 43% (9 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 56 sedangkan pada siklus II yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 95% (20 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 93,80. Persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus II yaitu 95% menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:37
Last Modified: 31 Oct 2018 02:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item