Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Dan Kegunaannya Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Miftahul Huda Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2018

Setiyowati, Endang (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Dan Kegunaannya Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Miftahul Huda Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi energi dan kegunaannya siswa kelas III di MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu strategi pembelajaran masih bersifat ceramah dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan kegunaannya pada siswa kelas III MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun 2018?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 19 siswa meliputi 8 siswa laki-laki dan11 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Kriteria Ketuntasan Klasikal 85% dari seluruh jumlah siswa, apabila kriteria ketuntasan klasikal kelas telah tercapai maka siklus dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I-III diperoleh data sebagai berikut. Standar KKM mata pelajaran IPA di MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang adalah 70. Sebelum menggunakan strategi STAD hanya ada 52,63% (10 siswa) yang tuntas, sedangkan 47,36% (9 siswa) belum memenuhi standar KKM dengan rata-rata kelas 71,05. Setelah penggunaan strategi pembelajaran STAD dalam mata pelajaran IPA pada Siklus I diperoleh 68,42% (13 siswa) yang tuntas dengan rata-rata kelas 77,89. Siklus II 73,68% (14 siswa) yang tuntas dengan rata-rata kelas 73,68. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 5,26%. Siklus III 94,73% (18 siswa) yang tuntas dengan rata-rata kelas 86,05. Sehingga telah melampaui target KKM klasikal ≥ 85%. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidial yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar. Berdasarkan penelitian ini peneliti merekomendasikan strategi pembelajaran STAD menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:39
Last Modified: 31 Oct 2018 02:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item