Peningkatan Hasil Belajar Akhlaq Materi Adab Berpakaian Dan Berhias Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Pada Siswa Kelas X Tb SMK Muhammadiyah Sumowono Tahun Ajaran 2017/2018

Muchlisin, Muchamad (2018) Peningkatan Hasil Belajar Akhlaq Materi Adab Berpakaian Dan Berhias Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Pada Siswa Kelas X Tb SMK Muhammadiyah Sumowono Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar akhlaq pada siswa X TB SMK Muhammadiyah Sumowono tahun pelajaran 2017/2018, hal ini dikarenakan dilatar belakangi masih dianggap kurang maksimal karena penyampaian materi yang terlalu monoton tidak bervariasi karena hanya menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan kurang aktifnya siswa, sehingga kemampuan mencapai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Rumusan Masalah ini adalah Apakah penggunaan Metode Project Based Learning dalam Mata Pelajaran Akhlaq Materi Adab Berpakaian dan Berhias dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TB SMK Muhammadiyah Sumowono Tahun Ajaran 2017/2018?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TB SMK Muhammadiyah Sumowonango tahun ajaran 2017/2018. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 22 siswa keseluruhannya adalah perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, bahan ajar, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Muhammadiyah Sumowono tahun 2018 metode Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Akhlaq materi Adab Berpakaian dan Berhias. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang meningkat dari Pra Siklus, Siklus I samapai Siklus II. Pra Siklus siswa yang tuntas 11 siswa (50%)dan yang belum tuntas adalah 11 siswa (50%) dengan rata-rata 63,40. Siklus I siswa yang tuntas belajar ada 19 siswa (86,36%) dan yang belum tuntas ada 3 siswa (13,64%) dengan nilai rata-rata kelas 84,90. Kemudian Siklus II terdapat 22 siswa (100%) tuntas belajar dan tidak ada siswa belum tuntas dengan rata-rata kelas 89,81. Berdasarkan data tersebut, hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah Sumowono tahun 2018 sebelum penelitian 50% setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan siklus I 86,36% dan siklus II 100%. Jadi Peningkatan yang diperoleh pra siklus ke siklus I adalah 36,36% kemudian siklus I ke siklus II adalah 13,64%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:30
Last Modified: 31 Oct 2018 03:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item