PEMIKIRAN HAMKA TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

Jannah, Roudlotul (2015) PEMIKIRAN HAMKA TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Roudlotul Jannah_11110003.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pemikiran Hamka tentang nilai-nilai pendidikan budi pekerti. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) bagaimana pemikiran Hamka tentang nilai-nilai pendidikan budi pekerti?, dan (2) bagaimana relevansi pemikiran Hamka tentang nilai-nilai pendidikan budi pekerti dengan pendidikan saat ini?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan dengan jenis penelitian kepustakaan (Library research), sumber data primernya adalah Tafsir al-Azhar dan buku-buku karya Hamka yang berkaitan dengan pembahasan penelitian di antaranya adalah buku Akhlaqul Karimah, buku Lembaga Budi, buku Lembaga Hidup, dan buku Tasawuf Modern, sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku lain yang relevan dengan obyek pembahasan penulis. Adapun teknis analisa data menggunakan metode deduktif dan induktif. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Hamka tentang nilai-nilai pendidikan budi pekerti yaitu (a) nilai pendidikan budi pekerti terhadap Allah berupa ketakwaan, keimanan, tawakkal, syukur, taubat, sabar, dan istiqamah, (b) nilai pendidikan budi pekerti terhadap diri sendiri berupa tanggung jawab, iffah, dan pengendalian diri, (c) nilai pendidikan budi pekerti terhadap orang tua berupa birrul walidain, dan mentaati kedua orang tua dalam kebaikan, (d) nilai pendidikan budi pekerti terhadap orang lain berupa kejujuran, amanah, pemaaf, dermawan, rendah hati, kemanusiaan, toleransi, keadilan dan ihsan. Adapun relevansi pemikiran Hamka tentang nilai-nilai pendidikan budi pekerti dengan pendidikan saat ini adalah sama-sama terdapat nilai pendidikan religius, nilai pendidikan kejujuran, nilai pendidikan toleransi, nilai pendidikan peduli sosial, dan nilai pendidikan tanggung jawab, sehingga pemikiran Hamka tentang nilai-nilai pendidikan budi pekerti sangat tepat jika diajarkan pada pendidikan saat ini. Skripsi ini di dalamnya terdapat kesimpulan yang penting, bahwasannya Hamka membahasakan budi pekerti sangat luas, tetapi sebenarnya kalau dispesifikkan yang dimaksud nilai pendidikan budi pekerti terhadap Allah tidak lain adalah penanaman nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan budi pekerti terhadap diri sendiri tidak lain adalah penanaman nilai pendidikan tasawuf, nilai pendidikan budi pekerti terhadap orang tua tidak lain adalah penanaman nilai pendidikan birrul walidain, dan nilai pendidikan budi pekerti terhadap orang lain tidak lain adalah penanaman nilai pendidikan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 02:13
Last Modified: 23 Feb 2016 02:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item