Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Perjuangan Para Tokoh dalam Memertahankan Kemerdekaan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas V Semester 2 Di SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2017/2018

LAILA, KHAFIDHOTUL (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Perjuangan Para Tokoh dalam Memertahankan Kemerdekaan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas V Semester 2 Di SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi menghargai merjuangan para tokoh dalam memertahankan kemerdekaan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V semester 2 Di SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa. Pembelajaran yang diarahkan guru didalam kelas hanya sebatas peserta didik menghafal informasi yang di sampaikan oleh guru tanpa dituntut untuk memahami informasi yang dapat dan menghubungkannya dengan realitas kehidupan mereka ataupun mereka. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah penggunaan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 2 di SDN Rapah 03 Banyubiru Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/ 2018? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun langkah dalam penelitian adalah perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dimanaa setiap siklus difokuskan materi dengan penerapan metode CTL. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara tes tertulis, lembar observasi, dokumantasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V DI SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari 23 siswa hasil prasiklus hanya mencapai (13%) 3 siswa yang tuntas dan (87%) 20 siswa tidak tuntas sedangkan yang diharapkan 85% dari seluruh siswa mencapai KKM (Nilai 71). Pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi (70%) 16 siswa tuntas dan (30%) 7 siswa tidak tuntas meningkat lagi pada siklus II menjadi (87%) 20 siswa yang tuntas dan (13%) 3 siswa tuntas. Serta peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 57% meningkat lagi di siklus I ke siklus II sebesar 17%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:44
Last Modified: 31 Oct 2018 03:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item View Item