Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar matematika di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Sartini, Sartini (2018) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar matematika di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_SARTINI_11514058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika di MI Ma’had Islam Kopeng. Permasalahan yang diungkap adalah: (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?(2)Adakah pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika pada siswa di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?(3)Adakah pengaruh secara simultan antara pengaruh perhatian orang tua dan kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika pada siswa di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019? Untuk menjawab permasalahan tesebut maka peneliti menggunakan rumus korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regrasi linear berganda. Subjek penelitian 38 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan hasil belajar matematika diperoleh melalui dokumen nilai rapor semester dua tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil bahwa r hitung lebih besar dari r tabel yaitu (rh > rt) (0,421 > 0,329). maka Hα diterima. (2) Ada pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil bahwa r hitung lebih besar dari r tabel yaitu (rh > rt) (0,449 > 0,329). maka Hα diterima, (3) Ada pengaruh secara simultan antara perhatian orang tua dan kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika di MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. diuji nilai korelasi ganda (R) yang dihitung melalui uji F0 = 3,276 dan taraf kesalahan yang ditetapkan 5%. Maka F tabel = 3,26. Jadi F hitung > F tabel atau 3,276>3,26. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:58
Last Modified: 31 Oct 2018 06:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item