Rofikoh, Ana (2018) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Mengajar dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar IPA di MI Kedu Temanggung Tahun Ajaran 2017/ 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kreativitas mengajar (X1), kompetensi pedagogik (X2), terhadap hasil belajar IPA (Y). Metode pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi dan kuesioner yang disebar kepada siswa di 4 madrasah ibtidaiyah di kecamatan kedu. Sampel yang diambil sebanyak 160 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 20 dan dianalisis dengan beberapa uji meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji Ftest, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis dengan menggunkan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -5.027 + 0.46 X1 + 0.053 X2 + 0.05. hasil ini menunjukkan bahwa kreativitas mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA, kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA. Hasil uji Ftest menunjukan bahwa kreativitas mengajar dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0.493 ini berarti kontribusi variabel independen (kreativitas mengajar, kompetensi pedagogik) mempengaruhi variabel dependen (hasil belajar IPA) sebesar 49.3% sedangkan sisanya 50.7% dipengaruhi variabel lain diluarmodel penelitian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 07:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 07:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4595 |
Actions (login required)
View Item |