Penerapan Metode The Power Of Two And Four Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Semester I Materi Tauhid Pada Siswa Kelas X di MAN I Magelang Kota Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019

Rahardian, Lukman (2018) Penerapan Metode The Power Of Two And Four Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Semester I Materi Tauhid Pada Siswa Kelas X di MAN I Magelang Kota Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI REVISI SCAN PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mendeskripsikan proses penerapan Metode The Power Of Two And Four Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Semester I Materi Tauhid pada Siswa Kelas X di MAN I Magelang Kota Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. 2). Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Semester I Materi Tauhid setelah diterapkannya Metode The Power Of Two And Four di MAN I Magelang Kota Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas (PTK), atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Classroom Action Research, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru dikelas dengan penekanan pada menyempurnaan atau praktek dan proses pembelajaran (Susilo, 2007:16). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes (Pre test dan Post test), observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa penerapan metode The Power of Two and Four dapat meningkatkan Hasil Belajar dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hingga 100% atau seluruh siswa berjumlah 38 siswa tuntas sama dengan atau lebih dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang digunakan MAN I Magelang tersebut yaitu 75. Pada pra siklus nilai rata-rata dari 38 siswa yaitu 65,65 dengan rincian 12 siswa tuntas atau 31,57%, sedangkan siklus I nilai rata-rata 74,63 dengan rincian 24 siswa tuntas atau 63,15% dan siklus II nilai rata-rata 83,65 dengan rincian 38 siswa tuntas atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Akidah Akhlaq menggunakan metode The Power of Two and Four pada siswa kelas X MAN I Magelang terdapat peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:49
Last Modified: 31 Oct 2018 07:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item