PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V MIM AL-QOMARIYAH WATES KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

wibowo, Ginanjar adi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V MIM AL-QOMARIYAH WATES KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi plus scan fix.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika materi sifat-sifat bangun datarmelalui model Example non Example pada siswa kelasV MIM AL-Qhomariyah Wates Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan modelExample Non Example dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materisifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MIM Al-Qhomariyah Wates Kecamatan Klego KabupatenBoyolali Tahun Pelajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatanKriteriaKetuntasanKlasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas VMIM Al-Qhomariyah Wates Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Melalui modelExample Non Example ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 32,14% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi42,85% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,28% siswa tuntas.Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode diskusi kelompok dan media pembelajaran boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas VMIM Al-Qomariyah Wates Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:06
Last Modified: 31 Oct 2018 08:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item