Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Pekerjaan Melalui Metode Make-A Match Dan Penggunaan Media Puzzle Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018

Amanah, Nur (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Pekerjaan Melalui Metode Make-A Match Dan Penggunaan Media Puzzle Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi edit pdf amanah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III MI Miftakhul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun ajran 2017/2018 pada pelajaran IPS materi Pekerjaan masih rendah rata-rata kelas hanya mencapai 53,87 sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65 dan KKM Nasional 75. Hal ini karena dalam menyampaikan pelajaran IPS, guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan Metode Make a Match dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran terutama pada pembelajaran IPS. Metode ini mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajaran aktif , yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi dan pembelajar IPS menjadi lebih menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, observasi dengan mengamati perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa penggunaan metode Make A Match dan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Pekerjaan pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 53,87 menjadi 56,64 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 66,13. Dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 75,2. Jadi, dari pra siklus ke siklus III nilai rata-rata hasil belajar meningkat. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I naik menjadi 4 siswa atau sebesar 26,67% dan menjadi 9 siswa pada siklus II atau sebesar 60%. Dan angka ketuntasan belajar pada siklus II sebanyak 9 siswa atau sebesar 60% menjadi 13 siswa atau sebesar 86,67% pada siklus III. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus III meningkat sebesar 75,2% atau sebanyak 13 siswa dari 15 siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:37
Last Modified: 05 Nov 2018 02:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4624

Actions (login required)

View Item View Item