Dwiana, Ulva (2018) Pengaruh Kreatifitas Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarng Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FIK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kreatifitas guru dan minat belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar aksara Jawa. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara minat guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar aksara Jawa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan:(1) Adakah pengaruh antara kreatifitas guru terhadap hasil belajar aksara Jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018?(2) Adakah pengaruh antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar aksara Jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.SemarangTahun Pelajaran 2017/2018?(3) Adakah pengaruh antara kreatifitas guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Aksara Jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.Semarang. Untuk menjawab permasalahan tesebut maka peneliti, dengan menitik beratkan pada korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regrasi linear berganda. Subjek penelitian sebanyak 24 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data kreatifitas guru, minat belajar siswa, dan hasil belajar aksara Jawa kelas IV diperoleh melalui dokumen nilaiulangan harian aksara Jawa. Untuk informasi lainnya, peneliti menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Ada pengaruh antara kreatifitas guru terhadap hasil belajar Aksara jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.Semarang. Tampak bahwa variabel X1 (Kreatifitas Guru) sebesar 1,43, tanda b “+” berarti pengaruh hasil belajar aksara Jawa kelas IV dan kreatifitas guru adalah positif.2) Ada pengaruh antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar aksara Jawa Kelas IV di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.SemarangTahun Pelajaran 2017/2018. Tampak bahwa variabel X2 (Minat Siswa) sebesar 0,303 , tanda b “+” berarti pengaruh hasil belajar aksara Jawa kelas IV dan minat belajar siswa adalah positif. 3) Ada pengaruh antara kreatifitas guru dan minat belajar siswa terhadap MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.SemarangTahun Pelajaran 2017/2018. Bentukpersamaan garis regresi adalah Y = 21,85+ 1,43X_1+ 0,303X_2, karena tanda “+”, maka terdapat pengaruh positif. Pengarang : a.Nama : Ulva Dwiana :b.Email : ulvadwiyana1@gmail.com Kreatifitas guru dan minat belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar aksara Jawa. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara minat guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar aksara Jawa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan:(1) Adakah pengaruh antara kreatifitas guru terhadap hasil belajar aksara Jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018?(2) Adakah pengaruh antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar aksara Jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.SemarangTahun Pelajaran 2017/2018?(3) Adakah pengaruh antara kreatifitas guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Aksara Jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.Semarang. Untuk menjawab permasalahan tesebut maka peneliti, dengan menitik beratkan pada korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regrasi linear berganda. Subjek penelitian sebanyak 24 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data kreatifitas guru, minat belajar siswa, dan hasil belajar aksara Jawa kelas IV diperoleh melalui dokumen nilaiulangan harian aksara Jawa. Untuk informasi lainnya, peneliti menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Ada pengaruh antara kreatifitas guru terhadap hasil belajar Aksara jawa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.Semarang. Tampak bahwa variabel X1 (Kreatifitas Guru) sebesar 1,43, tanda b “+” berarti pengaruh hasil belajar aksara Jawa kelas IV dan kreatifitas guru adalah positif.2) Ada pengaruh antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar aksara Jawa Kelas IV di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.SemarangTahun Pelajaran 2017/2018. Tampak bahwa variabel X2 (Minat Siswa) sebesar 0,303 , tanda b “+” berarti pengaruh hasil belajar aksara Jawa kelas IV dan minat belajar siswa adalah positif. 3) Ada pengaruh antara kreatifitas guru dan minat belajar siswa terhadap MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kab.SemarangTahun Pelajaran 2017/2018. Bentukpersamaan garis regresi adalah Y = 21,85+ 1,43X_1+ 0,303X_2, karena tanda “+”, maka terdapat pengaruh positif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 08:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 08:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4642 |
Actions (login required)
View Item |