Maskanah, Siti (2018) Strategi Peningkatan Mutu Sekolah di SMA SAINS Al-Qur’an Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SITI MASKANAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
mana pendidikan yang bermutu sangat diperlukan dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang menguasai ilmu pengetahuan, mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidupnya. Untuk itu pendidikan yang bermutu dan peningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus sangat dibutuhkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan mutu sekolah dan untuk mengetahui hambatan dalam meningkatakan mutu sekolah di SMA SAINS Al-Qur’an Yogyakarta. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) karena informasi serta data-data digali dan diperoleh melalui pengamatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara direktur pendidikan, kepala sekolah, waka kurikulum, guru, pembina dan siswa, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto sertifikat akreditasi, foto sarana prasana, foto kegiatan belajar mengajar, dan foto prestasi-prastasi. Hasil peelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi peningkatan mutu sekolah di SMA SAINS Al-Qur’an Yogyakarta: 1) Meningkatkan kualitas SDM tenaga kependidikan dengan melakukan sebuah pembinaan, pelatihan-pelatihan, pembekalan melalui workshop dan diklat-diklat ; 2) Meningkatkan mutu/ kualitas peserta didik melalui proses belajar mengajar dengan mengedepankan 4 progam unggulan di SMA SAINS Al-Qur’an Yogyakarta, yaitu Penanaman Akhlakul Karimah, Tahfidz, Bahasa Asing, dan Teknologi Informasi; 3) Seluruh Sumber Daya Manusia, dari mulai Direktur Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa tinggal di asrama; 4) Meningkatkan kualitas sarana prasarana sekolah melalui perbaikan dan penambahan sarana prasarana. Kedua, hambatan dalam meningkatkan mutu sekolah di SMA SAINS Al-Qur’an Yogyakarta: 1) Hampir semua tenaga kependidikan masih muda dan masih perlu berbenah melalui pelatihan-pelatihan; 2) Regenerasi tenaga kepengurusan untuk mempertahankan kualitas tenaga kependidikan; 3) Beberapa guru masih kuliyah, dan harus mencari guru ganti (badal) atau memberi tugas kepada siswa ketika absen mengajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 08:19 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 08:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4644 |
Actions (login required)
View Item |