Mustofa, Hadi (2015) MODEL PENDIDIKAN ISLAM SUKU SAMIN DI DUSUN KARANGPACE DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
HADI MUSTOFA_111 09 006.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari rasa penasaran seorang peneliti karena beberapa teman bertanya kepada peneliti mengenai suku Samin, dan bahkan ada salah satu dari teman peneliti yang mengira bahwa peneliti termasuk bagian dari suku Samin karena peneliti berasal dari Blora, padahal peneliti tidak tahu mengenai suku Samin. Dari sini peneliti timbul rasa penasaran terhadap suku Samin dan ingin meneliti suku Samin. Kemudian peneliti mencari tahu mengenai suku Samin dan keberadaan suku Samin. Setelah menemukan keberadaan suku Samin yang berada di dusun Karangpace, desa Klopoduwur, kecamatan Banjarejo, kabupaten Blora dan bertanya kepada warga Samin ternyata ada keterbukaan untuk dilakukan penelitian, hal ini yang membuat tambah semangat untuk melakukan penelitian di suku Samin. Peneliti mengambil jurusan tarbiyah kebetulan progdi Pendidikan Agama Islam. Kemudian peneliti korelasikan antara kearifan lokal yang berada di Blora yaitu suku Samin dengan sstudi peneliti yaitu pendidikan agama Islam dengan bekal rasa penasaran dan semangat untuk menyelesaikan perkuliahan, maka jadilah judul skripsi ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana model pendidikan Islam formal suku Samin di Karangpace?, 2) Bagaimana model pendidikan Islam nonformal suku Samin di Karangpace?, 3) Bagaimana model pendidikan Islam informal suku Samin di Karangpace?, Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui model dalam pendidikan Islam formal suku Samin di Karangpace. 2) Untuk mengetahui model dalam pendidikan Islam nonformal suku Samin di Karangpace. 3) Untuk mengetahui model dalam pendidikan Islam informal suku Samin di Karangpace. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku ini dapat diamati terhadap fakta-fakta yang ada saat sekarang dan melaporkanya seperti apa yang akan terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Model pendidikan Islam formal pada suku Samin di Karangpace sama dengan model dalam pendidikan formal pada umumnya yaitu menggunakan kurikulum dari pemerintah. Hanya saja dalam praktik pengajarannya dihubungkan dengan prinsip Samin yang sesuai ajaran Islam. 2) Model pendidikan Islam nonformal pada suku Samin di Karangpace sama dengan TPQ yang lainnya yaitu ceramah yang difokuskan pada hafalan bacaan sholat, do’a sehari-hari, bacaan surat pendek dan ekstra kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan potensi minat bakat anak. TPQ Al-Kausar adalah sebuah lembaga pendidikan Islam nonformal yang ada di desa Klopoduwur. 3) Model pendidikan Islam informal pada suku Samin di Karangpace menggunakan prinsip teladan. Orang tua menganggap bahwa dengan memberikan teladan untuk berangkat mengaji di tempat pengjian umum, dengan harapan anak-anak dapat mengikuti orang tuanya, kemudian memperoleh pelajaran yang bermanfaat dari pengajian yang diikutinya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 02:49 |
Last Modified: | 23 Feb 2016 02:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/465 |
Actions (login required)
View Item |