PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIIIB MTs NURUL HUDA AMPEL KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Inayati, Dewi (2018) PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIIIB MTs NURUL HUDA AMPEL KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
riwayat hidup.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi pada mata pelajaran Fiqih materi haji dan umrah siswa kelas VIIIB MTs Nurul Huda Ampel Kabupaten Boyolali. Salah satu penyebab rendahnya prestasi yaitu karena guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, sehingga jarang sekali terjadi interaksi tanya jawab antara guru dengan siswa, apabila metode ini yang sering digunakan tanpa ada metode lain maka siswa akan cepat bosan, pasif, bahkan tidak paham sama sekali materi yang disampaikan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah melalui strategi Questions Students Have dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran Fiqih materi haji dan umrah pada siswa kelas VIIIB MTs Nurul Huda Ampel Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan, subjek, langkah-langkah, pengumpulan data, instrument dan analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIB MTs Nurul Huda Ampel Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, tes, dokumentasi, observasi terhadap guru dan siswa pada pembelajaran Fiqih materi haji dan umrah dengan menggunakan strategi Questions Students Have. Berdasarkan hasil penelitian dan berbagai pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Questions Students Have dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih bab haji dan umrah kelas VIIIB Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel. Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Pada pelaksanaan pra siklus, siswa yang tuntas memenuhi KKM sebanyak 12 dari 27 siswa dengan presentase ketuntasan 44%. Pada pelaksanaan siklus I, siswa yang tuntas memenuhi KKM sebanyak 22 dari 27 siswa dengan presentase ketuntasan 81%. Pada pelaksanaan siklus II, siswa yang tuntas memenuhi KKM sebanyak 25 dari 27 siswa dengan presentase ketuntasan 93%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:40
Last Modified: 06 Nov 2018 03:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item