PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM-MACAM HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI MEDIA POPUP BOOK PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Amalia, Aniq (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM-MACAM HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI MEDIA POPUP BOOK PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga belum menggunakan berbagai media pembelajaran yang aktif dan kreatif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi macam-macam hewan berdasarkan jenis makanannya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada siswa kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya melalui media Pop-Up Book pada siswa kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa meliputi 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penilaian meliputi pedoman/lembar pengamatan dan soal evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes formatif, dan studi dokumentasi. Data dianalis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 25% dan Siklus II ke Siklus III 21,42%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 39,29% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 56,07. Pada Siklus II 64,29% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 68,92, dan Siklus III 85,71% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 80,17. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:12
Last Modified: 06 Nov 2018 06:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item View Item