PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI TOLERANSI MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI BOGA 1 SEMESTER I SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Zalikapuri, Novlita (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI TOLERANSI MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI BOGA 1 SEMESTER I SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JUDUL-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningktkan hasil belajar PAI materi Toleransi Semester I dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation pada siswa kelas XI Boga 1 SMK Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian sebanyak 22 siswa,jumlah siswa keseluruhan adalah 27 dan terdiri dari 4 siswa laki-laki, 18 siswa perempuan dan 5 siswa tidak masuk. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus sampai 30 Agustus 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Dari kesimpulan penelitian tersebut bahwa hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data seperti berikut: KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 75, sebelum menggunakan metode pembelajaran group investigation, hanya ada 14% (3 siswa) yang tuntas, sedangkan 86% (19 siswa) belum tuntas atau tidak memenuhi KKM.dengan nilai rata-rata kelas adalah 60,72. Sedangkan setelah penggunakan metode group investigation dalam pembelajaran PAI pada siklus I diperoleh data sebesar 64% (14 siswa) tuntas dan 36% (8 siswa) yang belum tuntas, sehingga dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan 50% dengan nilai rata-rata kelas adalah 76,36 Setelah itu dilakukan refleksi siklus I, dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 91% (20 siswa) tuntas dan 9% (2 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi KKM. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27% dengan nilai rata-rata kelas adalah 81,13. Dengan kata lain sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu presentase Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan standar KKM 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:22
Last Modified: 06 Nov 2018 06:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item