Supardi, Supardi (2015) MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH SKRIPSI MAHASISWA MELALUI REVIEW ARTIKEL PENELITIAN MENUJU HASIL PENELITIAN MAHASISWA YANG LAYAK TERBIT (Studi Kasus pada Mahasiswa PBA IAIN Salatiga 2015). Project Report. IAIN Salatiga, Salatiga.
Text
Laporan Penelitian Meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah.pdf Download (549kB) |
Abstract
Penelitian PTK ini membahas penggunaan model review artikel hasil penelitian terhadap kualitas proses dan hasil belajar metode penelitian pembelajaran bahasa Arab dan penulisan karya ilmiah. Dari penelitian tersebut menemukan bahwa Pertama, Model pembelajaran review artikel penelitian terbukti dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata kuliah Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa Arab dan Penulisan Karya Ilmiah pada program studi pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prosentase antara siklus I, II, dan III dari berbagai aspek proses pembelajaran yang meliputi: minat (39%, 84%, dan 89%), keaktifan (9%,81%, 84%) partisipasi (26%,69%, dan 87%), motifasi belajar (48%, 81%, 88%), suasana belajar (21%, 81%, 94% yang beranggapan menyenangkan), dan kerjasama (0%, 75%, dan 90%). Dari segi perkembangan pengetahuan dari 3 siklus prosentasenya: 20%, 72% dan 90%, sedangkan pengetahuan tentang Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, prosentasinya adalah 0%, 75%, dan 97%. Di sisi lain dari prosentase peningkatan life skill adalah 0%, 69% dan 93%. Dari segi prestasi belajar juga terjadi peningkatan antara sebelum menggunakan Model review artikel penelitian dan sesudah menggunakan review artikel penelitian yaitu 3.2 menjadi 3.5 nilai rata-rata kelas pada test formatif dan sumatif. Disamping itu model pembelajaran ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis dan menyenangkan. Dampak penggunaan Model review artikel penelitian terhadap wawasan subtansial mahasiswa di antaranya adalah mahasiswa memperoleh pemahamann yang lebih besar tentang Masalah Penelitian dalam bidang pembelajaran Bahasa Arab, khususnya di Madrasah. Dampak penggunaan Model review artikel penelitian terhadap wawasan proses belajar adalah bahwa mahasiswa belajar untuk lebih kooperatif dengan orang lain untuk memecahkan masalah dan mahasiswa memahami keuntungan belajar dalam tim yaitu mendapatkan ide berbeda dari orang lain, melatih bekerjasama, mennambah percaya diri ketika ide diterima orang lain, sementara kerugian bekerja dalam tim adalah seringkali tugas tim menjadi tugas satu individu, sehingga beberapa anggota tim tidak bekerja. Di samping itu, mahasiswa memahami penggunaan review artikel penelitian sebagai cara untuk berkomunkasi, persuasi, dan memecahkan masalah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dampak penggunaan model pembelajaran review artikel penelitian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyusun rencana penelitian adalah terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian/ proposal skripsi tersebut, karena mereka melihat secara langsung proposal penelitian/ proposal skripsi. Refleksi pengalaman belajar mahasiswa diantaranya adalah: (1) hal-hal yang telah dipelajari dengan baik secara prbadi tentang peneltian dan penulisan karya ilmiah adalah mahasiswa memahami masalah-masalah penelitian pembelajaran Bahasa Arab diantaranya pembelajaran bahasa Arab masih jauh dari tujuan yang diharapkan dan banyak sekali metode yang digunakan dalam mengajar Bahasa Arab, (2) mahasiswa mengetahui bagaimana memenentukan metode penelitian, (3) mahasiswa mengetahui bagaimana teknik mengutip, merujuk dan menulis daftar pustaka. Kekuatan dan kelemahan Model review artikel penelitian sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yaitu dapat mendorong mahasiswa untuk belajar lebih mandiri dan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang subyek materi pembelajaran dan mampu mendorong mahasiwa untuk melakukan refleksi pembelajaran yang dialaminya. Disamping kekuatan tersebut Model review artikel penelitian ini juga mengandung beberapa kelemahan yaitu menuntut mahasiswa untuk banyak membaca artikel penelitian yang menyita banyak waktu Mahasiswa disamping mendapatkan pengetahuan juga belajar banyak ketrampilan hidup terutama ketrampilan yang berhubungan dengan penelitian yaitu merumuskan masalah, mengumpulkan informasi, berkomunikasi dan wawancara, observasi, berdiskusi. Kecakapan hidup yang telah dilakukan secara pribadi adalah menyumbangkan ide, melakukan wawancara, mempresentasikan hasil observasi, dan yang telah dilakukan secara bersama-sama dengan baik adalah mendiskusikan masalah-masalah, melakukan obserbvasi ke madrasah aliyah, menyususn review artikel penelitian; Sementara usaha –usaha yang dilakukan untuk memecahkan masalah adalah mengidentifikasi masalah, memberikan solusi berdasarkan pertimbangan rasional, bertanya, membaca, dan berdiskusi. Walhasil, yang akan dilakukan kelas jika membuat review artikel penelitian lain yaitu akan berkerja lebih baik lagi dan tidak menggantungkan teman dan akan menysusn review artikel penelitian yang lebih lengkap dan menarik. (SPD)
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 01:34 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 01:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4738 |
Actions (login required)
View Item |