ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Magelang)

Ramadani, Hikmah (2018) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Magelang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ramadani, Hikmah. 2018. Analisis Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Lingkungan Sosial Terhadap Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Kasus Bank BRI Syariah Kcp Magelang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Perbankan Syariah S1, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Taufikur Rahman, S. E., M. Si Keberadaan bank syariah semakin meluas, namun pengetahuan masyarakat tentang bank syariah masih minim. Terbukti bahwa masyarakat yang menggunakan jasa bank syariah belum sebesar masyarakat yang menggunakan jasa bank konvensional. Keputusan masyarakat menggunakan jasa bank syariah tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan tentang lembaga keuangan syariah yang mereka miliki namun juga dipengaruhi oleh sikap individu dan lingkungan tempat mereka tinggal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan (X1), sikap (X2) dan lingkungan sosial (X3) terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah(Y) Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI KCP Magelang. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sejumlah 100 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner. Teknis analisis yang digunakan adalah uji statistik melalui uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2) dan uji regresi berganda. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=0,058 + 0,660X1 + 0,253X2 + 0,203X3 + 0,05. Hasil uji ttest menunjukkan bahwa variabel pengetahuan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah, variabel sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dan variabel lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil uji Ftest menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,865 ini berarti kontribusi variabel independen (pengetahuan, sikap, lingkungan sosial dan keputusan nasabah) mempengaruhi variabel dependen (keputusan nasabah) sebesar 86,5% sedangkan sisanya sebesar 13,5% dipengaruhi variabel lain di luar model penelitian. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Lingkungan Sosial, Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2018 10:19
Last Modified: 15 Dec 2018 10:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item