Utami, Lena Tri (2018) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS NASABAH BPRS SUKOWATI SRAGEN CABANG BOYOLALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Lena Tri Utami.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Utami, Lena Tri. 2018. Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Sukowati Sragen Cabang Boyolali dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah S1, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Ari Setiawan, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh marketing mix terhadap loyalitas nasabah BPRS Sukowati Sragen Cabang Boyolali dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix yang ditinjau dari unsur produk, harga, lokasi dan promosi terhadap kepuasan nasabah dan bagaimana pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap loyalitas nasabah, bagaimana pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas serta bagaimana kepuasan nasabah dalam memediasi pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap loyalitas. Populasi diambil dari nasabah bank dengan jumlah 1000 nasabah. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dengan sampel 91 nasabah. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji statistik terlebih dahulu dan path analysis. Uji statistik terdiri dari uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan SPSS.22. Berdasarkan hasil uji ttest menunjukkan bahwa harga, lokasi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan produk berpengaruh negatif dan signifikan. Hasil uji Ftest menunjukkan bahwa F hitung 74.823 dengan signifikansi 0.000, hal tersebut menunjukkan bahwa marketing mix dan kepuasan nasabah secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.548 ini berarti kontribusi variabel independen (produk, harga, lokasi dan promosi) mampu menjelaskan variabel dependen (kepuasan nasabah) sebesar 54,8% sedangkan sisanya 45,2% dijelaskan variasinya oleh variabel lain di luar model. Kepuasan nasabah mampu memediasi pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas, sedangkan produk dan lokasi tidak dapat dimediasi oleh kepuasan nasabah. Kata Kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Loyalitas, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 09:08 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 09:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4765 |
Actions (login required)
View Item |