PENGARUH INTERAKSI GURU TERHADAP PERILAKU ALTRUISTIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUL ULAMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nurina, Annisa Indah (2015) PENGARUH INTERAKSI GURU TERHADAP PERILAKU ALTRUISTIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUL ULAMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Annisa Indah Nurina_11110060.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari interaksi guru yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan terhadap siswa didalam sekolah, dan penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Rumusan Masalah ini adalah (1) Bagaimana interaksi guru terhadap siswa di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 ?, (2) Bagaimana perilaku altruistik siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 ?, (3) Apakah ada pengaruh antara interaksi guru dengan perilaku altruistik siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 ?, dan Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui interaksi guru terhadap siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 (2)Untuk mengetahui perilaku altruistik pada siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 (3) Untuk mengetahui pengaruh antara interaksi guru dengan perilaku altruistik siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 357 siswa, sedangkan sampel diambil 20% dari jumlah populasi yaitu 71 siswa. Data yang dibutuhkan digali melalui angket yang dikembangkan dan disusun oleh peneliti. Angket diberikan kepada 71 responden untuk diuji validitas dan reabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini 1) Interaksi guru terhadap siswa di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 berlangsung baik, mereka mempunyai kedekatan terhadap siswa-siswanya, dan termasuk kategori tinggi dengan nilai interval 36-45 yakni sebanyak 100%. 2) Perilaku altruistik siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 termasuk kategori tinggi dengan nilai interval 36-45 yakni sebanyak 100%. 3) Interaksi guru terhadap perilaku altruistik siswa di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 ada pengaruh positif signifikan, ditunjukkan dengan nilai pengaruh sebesar 0,000< 0,05. Artinya, interaksi guru mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap perilaku altruistik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 02:05
Last Modified: 09 Feb 2016 02:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item