Listiani, Eli (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN BANYUBIRU 04 KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Eli Listiani_11509036.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SDN Banyubiru 04. Selain itu rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan disebabkan oleh kurangnya media yang digunakan dalam proses belajar mengajar dan metode yang digunakan masih konvensioanal. Dari latar belakang tersebut maka digunakan media gambar seri dalam peningkatan kemamapuan menulis karangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Banyubiru 04 dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan tindakan meliputi membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan media gambar seri, dan menyiapkan instrumen penelitian. Tahap pelaksanaan meliputi pelaksanaan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar seri. Tahap pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dengan mengamati dan menginterprestasikan pengguanaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan. Tahap refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil pelaksanaan dan pengamatan, juga untuk mengetahui kelemahan pada pembelajaran yang kemudian kelemahan tersebut diperbaiki pada siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Banyubiru 04 tahun ajaran 2013/2014. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,9 dengan prosentase ketuntasan sebesar 47,8%. Pada siklus II jumlah rata-rata yang diperoleh 68,8 dengan prosentase ketuntasan 73,9%. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata siswa adalah 75,2 dengan prosentase ketuntasan sebesar 100%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 04:26 |
Last Modified: | 23 Feb 2016 04:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/482 |
Actions (login required)
View Item |