PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN SIKAP PENGGUNAAN TEKNOLOGITERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKINGDENGAN PERSEPSI MANFAAT (USE USEFULNESS) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Setiawan, Rieska Amalia (2019) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN SIKAP PENGGUNAAN TEKNOLOGITERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKINGDENGAN PERSEPSI MANFAAT (USE USEFULNESS) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIESKA AMALIA S. 21314100.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Rieska Amalia. 2018.Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Sikap Penggunaan Teknologiterhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Persepsi Manfaat (perceived usefulness) sebagai Variabel Intervening (Studi kaus:BRI Syariah KC Semarang.Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Faqih Nabhan, M. M. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PengaruhKemudahan Penggunaan, Sikap Penggunaan Teknologi, Persepsi Manfaat (perceived usefulness) terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking pada PT.BRI Syariah (Persero) Tbk, Kantor Cabang Syariah Semarang.Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan kuesioner tang menggunakan skala interval. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil uji Ttestmenunjukkan bahwa hanya persepsi manfaat (Z) yang berpengaruh signifikan karena probabilitas signifikan untuk Z dibawah 0,05 sedangkan kemudahan penggunaan (X1) dan sikap penggunaaan teknologi (X2) tidak signifikanterhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Uji Ftestmenunjukkan bahwa variablepengaruhkemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan inernet banking. Kemudian uji R2 menunjukkan bahwa besarnya adjusted R2 adalah 0,842, hal ini berarti 8,42% variasi income dapat dijelaskan oleh variasi dari ke tiga variabel independen kemudahan penggunaan(X1), sikap penggunaan teknologi (X2), persepsi manfaat (Z). Sedangkan sisanya (15,8%) dijelaskan oleh sebab sebab yang lain diluar model. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Persepsi manfaat tidak memediasi antara pengaruh variabel kemudahan penggunaan dan sikap penggunaan teknologi. kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Kata Kunci: kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) minat nasabah ABSTRAK Setiawan, Rieska Amalia. 2018.Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Sikap Penggunaan Teknologiterhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Persepsi Manfaat (perceived usefulness) sebagai Variabel Intervening (Studi kaus:BRI Syariah KC Semarang.Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Faqih Nabhan, M. M. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PengaruhKemudahan Penggunaan, Sikap Penggunaan Teknologi, Persepsi Manfaat (perceived usefulness) terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking pada PT.BRI Syariah (Persero) Tbk, Kantor Cabang Syariah Semarang.Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan kuesioner tang menggunakan skala interval. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil uji Ttestmenunjukkan bahwa hanya persepsi manfaat (Z) yang berpengaruh signifikan karena probabilitas signifikan untuk Z dibawah 0,05 sedangkan kemudahan penggunaan (X1) dan sikap penggunaaan teknologi (X2) tidak signifikanterhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Uji Ftestmenunjukkan bahwa variablepengaruhkemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan inernet banking. Kemudian uji R2 menunjukkan bahwa besarnya adjusted R2 adalah 0,842, hal ini berarti 8,42% variasi income dapat dijelaskan oleh variasi dari ke tiga variabel independen kemudahan penggunaan(X1), sikap penggunaan teknologi (X2), persepsi manfaat (Z). Sedangkan sisanya (15,8%) dijelaskan oleh sebab sebab yang lain diluar model. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Persepsi manfaat tidak memediasi antara pengaruh variabel kemudahan penggunaan dan sikap penggunaan teknologi. kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Kata Kunci: kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) minat nasabah ABSTRAK Setiawan, Rieska Amalia. 2018.Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Sikap Penggunaan Teknologiterhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Persepsi Manfaat (perceived usefulness) sebagai Variabel Intervening (Studi kaus:BRI Syariah KC Semarang.Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Faqih Nabhan, M. M. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PengaruhKemudahan Penggunaan, Sikap Penggunaan Teknologi, Persepsi Manfaat (perceived usefulness) terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking pada PT.BRI Syariah (Persero) Tbk, Kantor Cabang Syariah Semarang.Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan kuesioner tang menggunakan skala interval. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil uji Ttestmenunjukkan bahwa hanya persepsi manfaat (Z) yang berpengaruh signifikan karena probabilitas signifikan untuk Z dibawah 0,05 sedangkan kemudahan penggunaan (X1) dan sikap penggunaaan teknologi (X2) tidak signifikanterhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Uji Ftestmenunjukkan bahwa variablepengaruhkemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan inernet banking. Kemudian uji R2 menunjukkan bahwa besarnya adjusted R2 adalah 0,842, hal ini berarti 8,42% variasi income dapat dijelaskan oleh variasi dari ke tiga variabel independen kemudahan penggunaan(X1), sikap penggunaan teknologi (X2), persepsi manfaat (Z). Sedangkan sisanya (15,8%) dijelaskan oleh sebab sebab yang lain diluar model. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Persepsi manfaat tidak memediasi antara pengaruh variabel kemudahan penggunaan dan sikap penggunaan teknologi. kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Kata Kunci: kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) minat nasabah ABSTRAK Setiawan, Rieska Amalia. 2018.Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Sikap Penggunaan Teknologiterhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Persepsi Manfaat (perceived usefulness) sebagai Variabel Intervening (Studi kaus:BRI Syariah KC Semarang.Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Faqih Nabhan, M. M. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PengaruhKemudahan Penggunaan, Sikap Penggunaan Teknologi, Persepsi Manfaat (perceived usefulness) terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking pada PT.BRI Syariah (Persero) Tbk, Kantor Cabang Syariah Semarang.Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan kuesioner tang menggunakan skala interval. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil uji Ttestmenunjukkan bahwa hanya persepsi manfaat (Z) yang berpengaruh signifikan karena probabilitas signifikan untuk Z dibawah 0,05 sedangkan kemudahan penggunaan (X1) dan sikap penggunaaan teknologi (X2) tidak signifikanterhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Uji Ftestmenunjukkan bahwa variablepengaruhkemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan inernet banking. Kemudian uji R2 menunjukkan bahwa besarnya adjusted R2 adalah 0,842, hal ini berarti 8,42% variasi income dapat dijelaskan oleh variasi dari ke tiga variabel independen kemudahan penggunaan(X1), sikap penggunaan teknologi (X2), persepsi manfaat (Z). Sedangkan sisanya (15,8%) dijelaskan oleh sebab sebab yang lain diluar model. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Persepsi manfaat tidak memediasi antara pengaruh variabel kemudahan penggunaan dan sikap penggunaan teknologi. kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Kata Kunci: kemudahan penggunaan, sikap penggunaan teknologi, persepsi manfaat (perceived usefulness) minat nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 09:05
Last Modified: 23 Jan 2019 09:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item