PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS LAYANAN, PENDAPATAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH

Sadiyah, Sara Ima (2019) PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS LAYANAN, PENDAPATAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SARA IMA SADIYAH 21314153.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sa’diyah, Sara Ima. 2018. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Layanan, Pendapatan dan Persepsi Terhadap Minat Nasabah pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus di Bank BTN Syariah KC Semarang). Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam , Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Nafis Irkhami, M.Si. Perbankan syariah merupakan sistem perbankan yang menjalankan kegiatan operasionalnya berdasarkan prinsip syariah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk (X1), kualitas layanan (X2), pendapatan (X3) dan persepsi (X4) terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah bank BTN Syariah KC Semarang dengan jumlah 6100 orang. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini adalah 100 nasabah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik melalui uji Ttest, koefisiensi determinasi (R2), dan uji regeresi linier berganda. pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,732 ini artinya bahwa kontribusi variabel independen hanya menjelaskan atau mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 73,2%, sedangkan sisanya yang 26,8% dipengaruhi variabel lain dilar model, persamaan regresi linier berganda diperoleh Y = 2,795 - 0,049*X1 + 0,250*X2 - 0,032*X3 + 0,232*X4 + 0.10, Sedangkan hasil uji Ttest menunjukkan bahwa variabel inovasi produk memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah, variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah, variabel pendapatan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah dan variabel persepsi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah. Kata Kunci : Inovasi Produk, Kualitas Layanan, Pendapatan, Persepsi, Minat Terhadap Pembiayaan Murabahah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 13:44
Last Modified: 23 Jan 2019 13:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item