HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL DENGAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA KELAS XI MAN I MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015.

Nafiatun, Isnaini (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL DENGAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA KELAS XI MAN I MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Isnaini Nafiatun_11109057.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional spiritual dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah yang ingin dicari jawabannya adalah (1) bagaimana variasi kecerdasan Emosional Spiritual siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (2) Bagaimana variasi Perilaku Keberagamaan siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Adakah hubungan antara kecerdasan emosional spiritual dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015? Untuk menjawab pertanyaan itu, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional spiritual siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun 2014/2015 yang berada pada kategori tinggi sebanyak 34 responden atau sebesar 34%, yang berada pada kategori sedang sebanyak 59 responden atau 59%, dan yang berada pada kategori rendah sebanyak 7 responden atau sebesar 7%. Perilaku keberagamaan siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berada pada kategori tinggi sebanyak 40 responden atau sebesar 40%, yang berada pada kategori sedang sebanyak 55 responden atau 55%, yang berada pada kategori rendah sebanyak 5 responden atau sebesar 5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional Spiritual dan Perilaku Keberagamaan siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun 2014/2015 berada pada kategori sedang. Setelah dihitung dengan rumus product moment, hasilnya r hitung = 0,199. Kemudian dikonsultasikan denagan r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N sebesar 100 = 0,195. Jadi 0,199>0,195. Apabila r hitung lebih besar dari r tabel maka hasilnya signifikan. Artinya. ada hubungan positif antara kecerdasan emosional spiritual dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 07:07
Last Modified: 23 Feb 2016 07:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item