Model Bimbingan Konseling Kolaboratif Untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Anak Usia Dini

sriyanti, Lilik (2015) Model Bimbingan Konseling Kolaboratif Untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Anak Usia Dini. Scan Buku Proceeding Guidance & Counseling International Seminar & Workshop. pp. 89-95. ISSN 978-602-17125-5-9

[img] Text
lilik_proseding.pdf

Download (777kB)

Abstract

Karakteristik anak usia dini adalah mempunyai rasa ingin tahu yang besar, mempunyai daya imitasi yang kuat dan mempunya kontrol diri yang rendah . Anak usia dini berada pada fase emas perkembangan sehingga sehingga memerlukan pendekatan yang tepat agar anak berkembang secara optimal. Penelitian ini berusaha mengembangkan sebuah model Bimbingan dan Konseling (BK) yang tepat untuk meningkatkan kontrol diri. Model BK yang dipandang tepat diterapkan di PAUD adalah BK Kolaboratif, yaitu Bimbingan dan Konseling yang melibatkan guru, kepala sekolah dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) di enam TK dan RA di Salatiga, dengan menggunakan mixed methods dalam pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model Bimbingan dan Konseling Kolaboratif dapat meningkatkan kontrol diri anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:59
Last Modified: 19 Feb 2019 04:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4987

Actions (login required)

View Item View Item