Solehan, Muhammad (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “TUHAN, MAAF KAMI SEDANG SIBUK” KARYA AHMAD RIFA’I RIF’AN. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Muhammad Solehan_11111167.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan bagian terpenting dalam pendidikan Islam. Buku Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk merupakan sebuah buku karya Ahmad Rifa‟i Rif‟an. Sebuah buku non fiksi inspirasional yang membahas seputar pengembangan diri, pendidikan akhlak dan religiusitas. Berisikan renungan dan nasehat yang diarahkan kepada pembentukan akhlak terpuji. Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana biografi Ahmad Rifa‟i Rif‟an?. Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk?. Bagaimana metodologi penerapan pendidikan akhlak dalam buku tersebut? Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yaitu meneliti secara mendalam mengenai buku Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk. Sumber data penelitian di sini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan untuk menganalisis data yang ada penulis mengorganisir, memilih dan memilah untuk disintesiskan kemudian menemukan pola dan menyimpulkannya. Adapun metode analisis ini menggunakan metode analisis induktif dan deduktif. Setelah dilakukan penelitian dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bahwa Ahmad Rifa‟i Rif‟an lahir di Lamongan 3 Oktiber 1987. Beliau adalah seorang penulis muda sekaligus pengusaha Owner Marsua Media. Corak pemikiran dalam bukunya meliputi pengembangan diri, motivasi, religi dan bisnis. Konsep pendidikan akhlak dalam buku Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk adalah keseimbangan dalam hubungan vertikal (Hablumminallah) selaku hamba Allah, dan dalam hubungan horisontal (Hablumminannas) selaku makhluk individu dan makhluk sosial untuk mencapai derajat takwa. Implementasinya dalam pendidikan akhlak disekolah meliputi: a) Implementasi materi : Berkaitan dengan dimensi pengembangan secara vertikal dan dimensi secara horisontal. Selain itu adanya penerapan praktik langsung yang dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari. b) Implementasi metode: sebagaimana mentode pendidikan akhlak diatas. c) Implementasi tujuan : tujuan tertinggi (takwa), tujuan umum (tercapainya self realization), dan tujuan khusus (visi-misi sekolah).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 07:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2016 07:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/503 |
Actions (login required)
View Item |