UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADITS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS III MI MIFTACHUL ULUM NGIPIK PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Rochmah, Siti Wasilatu (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADITS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS III MI MIFTACHUL ULUM NGIPIK PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, jurusan tarbiyah sekolah tinggi negeri.

[img] Text
Siti Wasilatu Rochmah Skripsi STAIN'10.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

SITI WASILATU ROCHMAH (NIM :11408100). Upaya Peningkatan Hasil Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas III MI Miftachul Ulum Ngipik Pringsurat Kabupaten Temanggung. SKRIPSI. Program Study PAI Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebelum penerapan Metode Drill dan sejauh mana Metode drill dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits oleh siswa kelas III MI Miftachul ulum Ngipik Pringsurat Kabupaten Temanggung. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakkan dengan subyek penelitian kelas III MI Miftachul Ulum Ngipik Pringsurat Kabupaten Temanggung sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis, individual pada akhir pembelajaran dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebelum penerapan Metode Drill. Data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Sebelum penerapan Metode Drill dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan Penerapan Metode Drill dianalisis menggunakan kualitatif, deskriptif. Hasil belajar meliputi tingkat pemahaman, keaktifan, perhatian, minat, kreatifitas serta ketertarikan siswa terhadap suatu pelajaran mengalami peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata tes tertulis dari siklus I sampai siklus III juga mengalami peningkatan dibanding sebelum Metode Drill. Nilai rata- rata tes tertulis sebelum penerapan Metode Drill sebesar 60.10, nilai rata-rata Siklus I sebesar 63.35 nilai rata-rata siklus II sebesar 73.90 dan nilai rata-rata siklus III sebesar 85.95 Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa perbedaan positif yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan Metode Drill dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Jadi Hipotesis yang penulis ajukan”Penerapan Metode Drill dapat meningkatkan penguasaan materi Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas III MI Miftachul Ulum Ngipik Pringsurat Kabupaten Temanggung” terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata tes tertulis meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2019 04:04
Last Modified: 26 Mar 2019 04:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item