“ PENGARUH BIMIBINGAN ORANG TUA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK “ (Studi Kasus Siswa Raudhatul Athfal (RA) Perwanida VIII Desa Candigaron Kec. Sumowono Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2009/2010).

Haris, Muh Subhan Abdul (2018) “ PENGARUH BIMIBINGAN ORANG TUA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK “ (Studi Kasus Siswa Raudhatul Athfal (RA) Perwanida VIII Desa Candigaron Kec. Sumowono Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2009/2010). Other thesis, JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_MUH_SUBHAN_ABDUL_HARIS.pdf

Download (624kB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Haris, Muh Subhan Abdul. 2010. Pengaruh Bimibingan Orang Tua Terhadap Konsentrasi Belajar Anak (Studi Kasus Siswa Raudhatul Athfal (RA) Perwanida VIII Desa Candigaron Kec. Sumowono Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. SekolahTinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: H. Agus Waluyo, M.Ag. Kata kunci: bimbingan orang tua, konsentrasi belajar anak dan Raudhatul Athfal. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara bimbingan orang tua (x) terhadap konsentrasi belajar anak (y) siswa Raudhatul Athfal (RA) Perwanida VIII Desa Candigaron Kec. Sumowono Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2009/2010. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bimbingan orang tua terhadap anak? (2) Bagaimanakah konsentrasi belajar anak? dan,(3) Adakah pengaruh bimbingan orang tua terhadap konsentrasi belajar anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kurangnya konsentrasi belajar anak disebabkan oleh bimbingan orang tua yang kurang baik. Sehingga akan berdampak pada prestasi belajar anak. Data penelitian di atas dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: nilai rxy sebesar 0,402 sedangkan r tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,297. koefisien rxy > rt sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua terhadap konsentrasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2019 07:04
Last Modified: 26 Mar 2019 07:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item