METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI KECAMATAN KOWANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014

FATMAWATI, CHIKMATUN (2015) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI KECAMATAN KOWANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Chikmatun Fatmawati (NIM 11110148).Metode PembelajaranPendidikan Agama Islam padaSiswa Tunarungu di SLB Negeri KecamatanKowanganKabupatenTemanggung.Skripsi.JurusanTarbiyah. ProgamStudiPendidikan Agama Islam.SekolahTinggi Agama Islam NegeriSalatiga.Pembimbing: DraLilikSriyanti, M.Si Kata kunci: model pembelajaran, pendidikan agama Islam, anaktunarungu Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SLB Negeri Temanggung. Hal ini menjadi penting melihat persoalan yang dihadapi pada anak tunarungu dalam mengikuti pembelajaran mengalami kesulitan disebabkan memiliki inteligensi rendah untuk berfikir secara abstrak. Oleh karena itu, guru dalam penyampaian materi harus menggunakan metode yang dapat diketahui langsung oleh siswanya. Rumusan masalah pada penelitian tersebut yaitu: 1) Bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Temanggung? 2) Bagaimana karakteristik pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Temanggung? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Temanggung? Metode yang dilakukan dalam penelitian menggunakanpendekatankualitatif. Responden adalah Kepala Sekolah, guru PAI, anak tunarungu, dan orangtua anak Tunarungu. Teknikpengumpulan data dengan menggunaka n metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Data dikumpulkanberdasarkancatatanlapangandanobservasikemudian data ditranskipmenjadi data yang lengkap. Hasil penelitian yang didapat, serta guru di SLB Negeri Temanggung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan metode antara lain metode artikulasi, danmetode latihan. Karakteristik pembelajaran pendidikan agam Islam sama dengan sekolah umum tetapi berbeda pada aplikasi pembelajaran di materi, waktu dan jadwal pembelajaran juga berbeda dengan sekolah umum. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu guru mengajar sesuai dengan profesionalnya, guru selalu menjunjung tinggi etos kerja. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan siswa dalam masuk sekolah, perhatian yang kurang dari wali murid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:29
Last Modified: 02 Apr 2019 02:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item