HUBUNGAN PERAN TENAGA PENDIDIK DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DENGAN MOTIVASI MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKDI MIN SUMBERREJO MERTOYUDAN DAN MIN MLANGEN SALAMAN MAGELANG TAHUN 2013/2014

Isti'anah, akhri (2015) HUBUNGAN PERAN TENAGA PENDIDIK DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DENGAN MOTIVASI MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKDI MIN SUMBERREJO MERTOYUDAN DAN MIN MLANGEN SALAMAN MAGELANG TAHUN 2013/2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Akhri Istianah, “Hubungan Peran tenaga Pendidik dan Desain pembelajaran PAI Terhadap Motivasi Masyarakat untuk Menyekolahkan Anak di MIN Sumberrejo Mertoyudan dan MIN Mlangen Salaman Magelang Tahun 2013/2014”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pasca Sarjana, Sekolah Tinggi Agama Islam Salatiga, pembimbing Dr. H. Sa’adi, M. Ag. dan Dr. Budiyono Saputro. M. Pd. Latar Belakang penelitian ini adalah Tenaga pendidik (guru) dan desain pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan untuk terselenggaranya proses pendidikan. Keberadaan guru merupakan pelaku utama sebagai fasilitator penyelenggaraan proses belajar siswa. Oleh karena itu kehadiran dan profesionalismenya sangat berpengaruh dalam mewujudkan program pendidikan nasional.Sehingga menjadikan motivasi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, analisis data korelasi parsial dan korelasi bivarian. Dengan variabel bebas peran tenaga pendidik (x1) dan desain pembelajaran PAI (x2) dan variabel terikat motivasi masyarakat (y). Hipotesa penelitian ini ada hubungan antara peran tenaga pendidik dan desain pembelajaran PAI terhadap motivasi masyarakat untuk menyekolahkan di Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran tenaga pendidik dan desain pembelajaran PAI dengan motivasi masyarakat di MIN Sumberrejo sangat baik, untuk peran tenaga pendidik 62,5%, desain pembelajarannya 64,9%, motivasi masyarakat 52,7% Sedangkan di MIN Mlangen presentasi data baik, untuk peran tenaga pendidik 72,1%, desain pembelajarannya 50%, motivasi masyarakat 55,9%. Hubungan peran tenaga pendidik dan desain pembelajaran PAI dengan motivasi masyarakat untuk menyekolahkan anak di MIN Sumberrejo sangat baik dengan interval 16 presentasi 52,7%, sedangkan di MIN Mlangen Salaman baik dengan interval 16 presentasi 55,9%. Dibuktikan dengan hasil koofisien korelasi parsial di MIN Sumberrejo 0,477 maka koofisien korelasinya cukup sedangkan di MIN Mlangen koofisien korelasi parsial 0,129 maka koofisien korelasinya sangat rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:39
Last Modified: 02 Apr 2019 03:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item