Nugroho, Puspo (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AKHLAK SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA CALON GURU PAI STAIN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2013-2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS BAB 1, 2, 3, 4, 5 full update.pdf Download (3MB) |
Abstract
Implementasi Pendidikan Berbasis Akhlak sebagai Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Calon Guru PAI STAIN Salatiga Tahun Akademik 2013-2014. Perguruan tinggi (LPTK) Islam memiliki peran strategis dalam pelaksanakan pendidikan karakter. Salah satu solusinya adalah mengimplementasikan pendidikan berbasis akhlak sebagai pendidikan karakter kepada mahasiswa calon pendidik sehingga terbentuk calon-calon guru yang berkarakter kuat, memiliki akhlak tinggi yang kedepan akan mampu menghasilkan murid-murid yang berakhlak dan berkarakter kuat. Tujuan penelitian ini untuk menemukan: (1) Desain pendidikan karakter di LPTK prodi PAI STAIN Salatiga? (2) Bagaimanakah proses implementasi pendidikan berbasis Akhlak sebagai pendidikan karakter dalam matakuliah pengembangan kepribadian? dan (3) Faktor pendukung dan penghambat proses implementasinya? Penelitian yang dilaksanakan di Prodi PAI STAIN Salatiga tahun akademik 2013-2014 ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari pimpinan dan beberapa dosen MPK (Matakuliah Pengembangan Kepribadian). Untuk menjaring data lebih dalam, peneliti menggunakan teknik bola salju (Snowball Technique). Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pendidikan karakter bersifat hiden kurikulum yang ditanamkan melalui berbagai kegiatan tridarma perguruan tinggi, dan penciptaan budaya kampus. Kaitannya terhadap implementasi pendidikan berbasis akhlak sebagai pendidikan karakter melalui Penguatan Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) sudah maksimal dengan karakteristik dosen dan nilai-nilai matakuliah masing-masing. Beberapa strategi pendekatan yang diterapkan diantaranya penekankan tatatertib dalam kontrak perkuliahan. Membangun nuansa humanisme, kekeluargaan, kasih sayang, pembiasaan. Menata mindsite/ mengembangkan pola pikir positif mahasiswa, menerapkan pembelajaran bermakna, keteladanan dosen sebagai the living model, dan integrasi ajaran Islam. Dalam prosesnya tidak lepas dari faktor pendukung dan hambatan, faktor pendukung diantaranya mudahnya akses terhadap sumber nilai, kurikulum berbasis keagamaan, tatatertib yang jelas, tingginya tingkat religiusitas mahasiswa. Akan tetapi hambatan yang membuat proses selama ini belum berjalan maksimal yaitu belum adanya komitmen bersama dalam penciptaan budaya kampus yang berkarakter. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Berbasis Akhlak, Karakter, Calon Guru PAI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | ?? S2 ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 04:42 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 04:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5132 |
Actions (login required)
View Item |