Mucharor, Mucharor (2015) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-HIKAM KARANGAN SYAIKH IBNU ATHAILLAH AL-SYUKANDARI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Mucharor 11110193.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mucharror. 2014. Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Hikam Karangan Syaikh Ibnu Athaillah Al-Syukadari. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiharjo, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, al-Hikam Akhlak merupakan bagian terpenting dalam agama Islam. Al-Hikam merupakan sebuah buku/kitab karya Syaikh al-arif bilah Abi Fadhil Tajuddin Ahmad bin Muhammad bin Abdul Karim bin Athaillah al-Asakandary radhiyallahu anhu. Sebuah karya monumental yang berisikan nasihat yang diarahkan kepada kebaikan budi pekerti (akhlaq al-mahmudah). Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana biografi penulis kitab al-Hikam?. Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitan al-Hikam?. Bagaimana metodologi penerapan pendidikan akhlak dalam kitab al-Hikam?. Bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Hikam?. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yaitu meneliti secara mendalam mengenai kitab al-Hikam. Sumber data penelitian di sini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan untuk menganalisis data yang ada penulis mengorganisir, memilih dan memilah untuk disintesiskan kemudian menemukan pola dan menyimpulkannya. Adapun metode analisis ini menggunakan metode analisis induktif dan deduktif. Setelah dilakukan peneltitian dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bahwa Syaikh Ibnu Athaillah terlahir di kota Iskandariyah Mesir pada tahun 648 Hijriyah. Beliau adalah seorang ulama’ fiqh, muhaddis, dan ulama’ sufi yang berlatar teologi Asy’ariyah dan tarekat Syadzaliyah. Konsep pendidikan akhlak dalam kitab al-Hikam bertujuan untuk mencapai ma’rifat agar memperoleh ketenangan dan kenikmatan rohani yang melimpah. Dengan ma’rifat itu seorang hamba akan semakin dekat denganNya. Untuk dapat mencapai ma’rifatullah Ia mengharuskan seorang muslim melewati sembilan maqamat yakni: maqam taubat, maqam zuhud, maqam sabar, maqam syukur, maqam khauf, maqam raja’, maqam ridha, maqam tawakkal, dan maqam mahabbah. Sedangkan metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan akhlak dapat dilakukan dengan dengan metode teladan, metode pemberian nasihat, metode cerita, dan metode perintah dan larangan. Dalam peranannya orangtua memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesuksesan pendidikan akhlak pada anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 05:31 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 05:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5137 |
Actions (login required)
View Item |