INTERAKSI ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH DIPONEGORO DI DESA MENOREH KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN2013/2014

Syaifulhaq, Alfan Umri (2015) INTERAKSI ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH DIPONEGORO DI DESA MENOREH KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN2013/2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Syaifulhaq, Alfan Umri. 2014. Interaksi antara guru dengan siswa dalam mengembangkan kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Diponegoro Desa Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. Pembimbing Mufiq, S.Ag., M. Phil. Kata kunci: Interaksi guru dengan siswa dan kedisiplinan Penelitian ini membahas Interaksi antara guru dengan murid dalam mengembangkan kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Diponegoro Desa Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014 Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1.Bagaimana interaksi guru dengan siswa Madrasah Aliyah Diponegoro Desa Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang 2. Bagaimana konsep guru dalam mengembangkan kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Diponegoro Desa Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang 3. Adakah faktor pendukung dan penghambat interaksi antara guru dengan siswa dalam mengembangkan kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Diponegoro Desa Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa interaksi guru dengan siswa bisa terjaga dan saling memahami dari guru dan murid. Konsep guru dalam mengembangkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan berbagai macam kegiatan di Madrasah Aliyah Diponegoro. yaitu dengan mentaati tata tertib Madrasah dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah ada di Madrasah. Adapun faktor pendukung: siswa harus mempunyai sifat terbuka kepada bapk ibu guru, adanya rasa kedekatan dari bapak ibu guru kepada siswa, siswa menghormati bapak ibu guru dan guru bisa memahami kepada siswanya. Sedangkan faktor penghambat: siswa mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, kurangnya rasa terbuka dari siswa kepada bapakibu guru, siswa tidak bisa mentaati peraturan Madrasah, karakter siswa berbeda-beda ada yang lemahlembut dan kasar. Harapan dari bapak ibu guru agar interaksi guru dengan siswa bisa lebih baik, dan seorang guru juga mudah dalam mengembangkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:03
Last Modified: 02 Apr 2019 06:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item