Imron, Ali (2014) KONSEP JIHAD DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI MADRASAH(STUDI KASUS PADA MADRASAH SE-KECAMATAN KARANGAWEN, KABUPATEN DEMAK 2014). Other thesis, JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA.
Text
TESIS EDIT.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ali Imron. 2014. Konsep Jihad dan Implementasi terhadap pembelajaran di Madrasah (Studi kasus pada Madrasah se-Kec. Karangawen, Kab. Demak. Tahun 2014. Dosen Pembimbing: Dr. H.M.Zulfa, M.Ag. dan Dr. Asfa Widiyanto, Ph.D. Kata Kunci : Konsep Jihad, pembelajaran dan Madrasah Penelitian ini mengenai konsep Jihad dan implementasinya terhadap pembelajaran di Madrasah ( Studi kasus pada Madrasah se-kec.Karangawen, Kab.Demak Tahun pelajaran 2014). Dengan rumusan penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana materi pembelajaran jihad di Madrasah?(2) Bagaimana pemahaman guru tentang pembelajaran jihad di Madrasah ?(3) Bagaimana guru mengimplementasikan konsep jihad di Madrasah-Madrasah se kecamatan karangawen kabupaten Demak ? Adapun Pendekatan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, peneliti menggunakan metodologi penelitian berjenis kualitatif deskriptif, dengan cara peneliti hadir dan mengamati langsung objek penelitian, serta mengadakan wawancara langsung pada para guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep Jihad dalam Islam pandangan dari Guru-guru di Madrasah Nurul Hidayah dan Madrasah Al-Khoiriyah Karangawen Demak mempunyai banyak makna yang mencakup sejak dari sejak berjuang mengangkat senjata dalam peperangan sampai berjuang melawan hawa nafsu. Namun semua Guru-guru di Madrasah Nurul Hidayah dan Madrasah Al-Khoiriyah Karangawen Demak sepakat memahami Jihad sebagai berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memerangi kebodohan atau suatu seruan kepada agama yang hak dan benar-benar harus diamalkan. Jihad artinya bersungguh-sungguh/perjuangan, dan perjuangan tersebut bisa dilakukan dengan tangan atau lisan untuk mempertahankan agama Allah Swt termasuk di dalamnya sebagai perjuangan untuk memerangi ketertinggalan dan kebodohan (dunia pendidikan).(2).Guru-guru di Madrasah Nurul Hidayah dan Madrasah Al-Khoiriyah Karangawen Demak menerapkan konsep jihad dalam pembelajaran dengan cara guru harus bariman kepada Allah, guru harus menjalankan proses pembelajaran dengan baik, menjalankan disiplin waktu dalam pendidikan (mengajar), dan juga mempuyai sifat yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi atau mengajar pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 03:49 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 03:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5195 |
Actions (login required)
View Item |