MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM UNGGULAN (STUDI KASUS DI SMP BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN TAHUN 2018)

Aisyah, Husna Fikria (2019) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM UNGGULAN (STUDI KASUS DI SMP BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN TAHUN 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL SKRIPSI HUSNA FIKRIA 'AISYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui manajemen kurikulum di Sekolah Menengah Pertama Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, kedua yaitu untuk mengetahui problematika manajemen kurikulum di Sekolah Menengah Pertama Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum, dan sumber sekunder berupa foto-foto kegiatan terkait manajemen kurikulum, buku kurikulum, profil sekolah, dan sertifikat penghargaan bagi sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Pertama Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen mampu menerapkan kurikulum yang menggabungkan ilmu pengetahuan, teknologi dan iklim pembelajaran yang islami (religius). Secara umum sekolah ini mampu menerapkan manajemen kurikulum aspek perencanaan (planning), pemetaan sumber daya dalam organisasi (organizing), strategi pelaksanaan program kerja (actuating), kontrol (controlling), dan evaluasi (evaluating). Secara khusus diantaranya; tenaga kependidikan, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, kegiatan pembelajaran, layanan prima, dan iklim kelas yang kondusif. Manajemen kurikulum yang terfokus pada hal-hal tersebut yang menjadikan sekolah yang favorit, unggulan, dan membanggakan. Kajian ini menyimpulkan bahwa manajemensi kepala sekolah dan stakeholders yang dilakukan oleh warga sekolah merupakan indikator yang paling utama dalam mewujudkan sekolah unggul yang teratur. Adapun terdapat beberapa problematika terkait manajemen kurikulum yaitu kurangnya kompetensi sebagian guru dan sarana prasarana pendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:01
Last Modified: 11 Apr 2019 09:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item