ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT ’AISYIYAH KUDUS

Sari, Novi Noor Indah (2019) ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT ’AISYIYAH KUDUS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Novi Noor Indah Sari (63020 15 0087) - Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Novi Noor Indah. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Ekonomi Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Nafis Irkhami, M.Ag, M.A. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan etika bisnis islam terhadap kepuasan pelanggan pada RS. ‘Aisyiyah Kudus dan apakah seluruh variabel berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada RS. ‘Aisyiyah Kudus. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan etika bisnis islam terhadap kepuasan pelanggan pada RS. ‘Aisyiyah Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 3.605 pasien yang merupakan jumlah keseluruhan pasien non BPJS yang menggunakan jasa di RS ‘Aisyiyah Kudus tahun 2018. Sedangkan sampelnya adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini akan digunakan uji linier berganda serta uji validitas dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji heteroskedastisitas, multikolinieritas dan uji normalitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Semua pengujian menggunakan program IBM SPSS Statistic 24. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan. Terdapat pengaruh yang signifikan harga, kualitas pelayanan, dan etika bisnis Islam terhadap kepuasan pelangan berobat pada Rumah Sakit ‘Aisyiyah Kudus. Hal ini terbukti dari hasil uji t dan uji f menghasilkan nilai signifikansi <0,05. Nilai R Square sebesar 0,251 mengindikasi bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 25,1%. Sedangkan sisanya 74,9% dijelaskan oleh variabelvariabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Etika Bisnis Islam, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 12:53
Last Modified: 11 Apr 2019 12:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5275

Actions (login required)

View Item View Item