PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP RESUME PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

kurniawan, wawan (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP RESUME PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WAWAN KURNIAWAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah manusia dengan strategi pembelajaran group resume pada siswa kelas VIII SMPN 06 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar yang rendah menjadi salah satu alasan dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana digunakan untuk memperbaiki praktek pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa dengan rincian 15 siswa putra dan 13 siswa putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran group resume dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 06 Salatiga materi sistem peredaran darah manusia. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses belajar. Pada pra siklus, siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa atau 7,1% dengan nilai rata-rata kelas 63,53. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 53,6% dengan nilai rata-rata kelas 74,10, dan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 85,7% dengan nilai rata-rata kelas 85,17.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:03
Last Modified: 12 Apr 2019 03:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item