Anisah, Nur (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Nur Anisah_11111141.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Moral remaja masa kini berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dimana aum remaja mengalami degradasi moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku. Faktor modernisasi dan globalisasi sangat berpengaruh pada degradasi moral remaja saat ini, globalisasi menuntut kesiapan mental dari masyarakat , ketika masyarakat lemah bahaya akan menerjang. Berdasarkan latar belakang di atas, pentingnya pendidikan moral guna membentuk karakter remaja agar terciptanya generasi penerus bangsa yang tidak hanya memilki kecerdasan ilmu, tetapi juga cerdas akhlak dan perilakunya. KHD sebagai tokoh fenomenal di dunia pendidikan mengatakan bahwa pendidikan merupakan sebuah tuntunan, sehingga dalam pembelajaran peserta didik harus memiliki tokoh yang dijadikan contoh. Dalam penelitian ini diungkapkan konsep pendidikan menurut KHD dalam pendidikan karakter bagi peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam perspektif KHD serta implikasinya dalam dunia pendidikan saat ini. Penelitian ini termasuk penelitian literer yang berfokus pada referensi buku dan sumber-sumber yang relevan. Pencarian data dicari dengan jenis penelitian library research dan pendekatan kualitatif literatur yaitu suatu penelitian kepustakaan murni, menggunakan metode dokumentasi yang mencari data mengenai hal-hal atau variable-variabel yang berupa catatan seperi buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen harian, catatan rapat, jurnal dan sebagainya. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan adalah KHD seorang pejuang yang dihormati rakyat dan disegani musuh, karena memiliki pengetahuan yang luas dan keunikan berfikir dimana KHD memberikan harapan bagi kaum bawah untuk dapat mengenyam pendidikan serta semangat kebangsaan yang beraliran kebudayaan pada konsep pendidikanya. Konsep yang diusung KHD adalah sistem among, dimana pendidik memiliki peran sangat penting yaitu sebagai teladan dan pembimbing bagi anak didiknya, sehingga orang tua dan guru wajib untuk berperilaku baik dihadapan anak didiknya. Sebagaimana disampaikan diatas, perlu kiranya penulis memberikan sumbangsih berupa saran-saran antara lain, konsep pemikiran KI Hajar Dewantara memiliki konsep tujuan yang relevan diterapkan dalam pendidikan karakter hingga saat ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 04:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |