Yulianti, Firda (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR TEMA LINGKUNGAN SEKITAR KITA DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS V MI PERWANIDA KEC. ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI FIRDA YULIANTI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Yulianti, Firda. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Tema 8 Lingkungan Sekitar Kita Dengan Metode Think Pair Share (TPS) dan Penggunaan Macromedia FlashPada Siswa Kelas V Di MI Perwanida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Drs. Sumarno Widjadipa, M. Pd. Kata Kunci:Hasil Belajar, Metode Think Pair Share, Penggunaan Macromedia Flashi Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa MI Perwanida Salatiga saat pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Think Pair Share dan penggunaan Macromedia Flashdapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Pewanida Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Perwanida Salatiga berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta jurnal harian. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan KBM. Tolok ukur keberhasilan ditentukan melalui pencapaian KBM dan Kriteria Klasikal. Penelitian ini menggunakan metode Think Pair Share dan penggunaan Macromedia Flashsebelumnya masih menggunakan metode konvensional dan guru perlu berinovasi mengembangkan metode dan media. Guru menggunakan metode Think Pair Share, Think (berfikir), Pair (berpasangan), dan Share (membagikan) agar anak belajar berpikir mendalam dan bisa menerima pendapat orang lain. Penggunaan Macromedia Flashini berupa animasi agar anak lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan guru. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Think Pair Share dan penggunaan Macromedia Flashdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siklus I 53,84% dengan rata-rata nilai 68,07 ke siklus II 73,07% dengan rata-rata nilai 73,84 terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siklus II 73,07% dengan rata-rata nilai 73,84 ke siklus III 92,30% dengan rata-rata nilai 77.30, ini membuktikan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II ke siklus III.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 13:41 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 13:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5323 |
Actions (login required)
View Item |