Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Kerjasama Di Lingkungan Sekolah, Rumah, Masyarakat Melalui Model Two Stay And Two Stray Dengan Media Miniatur Kerja Sama Pada Siswa Kelas III Semester I Madrasah Ibtidaiyah Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten SemarangTahun Pelajaran 2018/2019

Khasanah, Rizky Nur (2019) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Kerjasama Di Lingkungan Sekolah, Rumah, Masyarakat Melalui Model Two Stay And Two Stray Dengan Media Miniatur Kerja Sama Pada Siswa Kelas III Semester I Madrasah Ibtidaiyah Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten SemarangTahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RIZKY NUR KHASANAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat melalui model Two Stay and Two Stray dengan media miniatur kerjasama pada siswa kelas III semester I MI Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 27 siswa yaitu 16 laki-laki dan 11 perempuan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan dengan dua siklus. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, masyarakat pada kelas III semester I MI Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa model Two Stay and Two Stray dengan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester I MI Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Hal ini dapat di buktikan dari dari data per siklusnya, hasil pra siklus hanya 37,03% (10 siswa) yang tuntas, sedangkan 62,96% (17 siswa) yang tidak tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I 51,85% (14 siswa) yang sudah tuntas dan ada 48,14% (13 siswa) yang belum tuntas KKM. Dari pra siklus ke siklus I meningkat 14,82%. Pada siklus II 92,59% (25 siswa) yang sudah tuntas KKM sedangkan 7,41% (2 siswa) yang belum tuntas KKM. Sehingga peningkatan siklus I ke siklus II yaitu 40,74%. Siswa yang memperoleh nilai KKM ≥ 65 dari siswa secara keseluruhan mencapai 92,59%. Siklus ini dinyatakan dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan ≥ 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:53
Last Modified: 12 Apr 2019 06:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item