PERAN IQRA’ CLUB DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA MEMBACA AL-QUR'AN DI SMK NEGERI 2 SALATIGA (STUDI KASUS SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2018/2019)

Saputra, Danang Eko Yulia (2019) PERAN IQRA’ CLUB DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA MEMBACA AL-QUR'AN DI SMK NEGERI 2 SALATIGA (STUDI KASUS SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2018/2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Danang eko Yulia S. 23010-15-0242.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputra, Danang Eko Yulia. 2019. “Peran Iqra’ Club dalam mengatasi problematika membaca Al-qur’an di SMK Negeri 2 Salatiga (Studi Kasus kelas X tahun Pelajaran 2018/2019)”. Skripsi. Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Peran,Iqra’ Club, Problematika, Al-qur’an Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada dua buah yaitu: 1) Mengetahui Problematika Peran Iqra’ Club dalam mengatasi membaca Al-qur’an di SMK Negeri 2 Salatiga Studi Kasus Kelas X Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mengetahui Peran Iqra’ Club dalam mengatasi problematika membaca Al-qur’an di SMK Negeri 2 Salatiga Studi kasus kelas X tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran Iqra’ Club dalam mengatasi Problematika membaca Al-qur’an di SMK Negeri 2 Salatiga Studi kasus kelas X tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research)dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu dengan mencari informasi yang ada di lapangan dan sekunder yaitu untuk melengkapi dan memperkuat penemuan. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data di peroleh melalui penggabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Problematika Peran Iqra’ Club dalam mengatasi membaca Al-qur’an adalah siswa masih merasa kaku dalam melafadzkan huruf-huruf hijaiyah karena belum terbiasa, siswa merasa sulit memahami tajwid. 2) Peran Iqra’ Club dalam mengatasi problematika membaca Al-qur’an adalah membantu guru pendidikan agama islam dalam membimbing siswa membaca Al-qur’an, mengajari mengaji siswa yang belum bisa membaca Al-qur’an, memberi dorongan dan motivasi terhadap siswa yang belum bisa mengaji. 3) Faktor pendukung dan penghambat peran Iqra’ club dalam mengatasi problematika membaca Al-qur’an adalah a) Faktor pendukung, tersedianya sarana dan prasarana untuk kegiatan mengaji, guru pendidikan agama islam yang selalu memantau perkembangan siswa melalui buku monitoring, orang tua yang mengijinkan anak pulang terlambat untuk mengajari atau belajar membaca Al-qur’an. b) Faktor penghambat, siswa merasa malas belajar membaca Al-qur’an, lingkungan yang kurang mendukung, siswa capek karena kegiatan belajar membaca sore hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 14:05
Last Modified: 12 Apr 2019 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item