Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Islam

Abadi, Muhammad Syukri (2019) Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Islam. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Syukri 11114051 (Autosaved).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Abadi, Muhammad Syukri. 2019. Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural; Ki Hajar Dewantara; Perspektif Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan perspektif Islam. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara perspektif Islam. Kedua, Bagaimana relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan multikultural perspektif Islam dengan pendidikan saat ini Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti buku-buku, catatan, artikel, jurnal, skripsi, tesis atau lainnya yang mendukung untuk penelitian ini. Adapun pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian adalah pertama, bahwa Ki Hajar Dewantara mempunyai gagasan yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan Multikultural dan sesuai dengan ajaran Islam. Gagasan tersebut meliputi: 1) Konsep Kemerdekaan Diri-Tertib Damai (Zelfbeschik Kingsrecht), 2) Kemanusiaan (Humanisme), dan 3) Demokrasi dan Kepemimpinan (Democratie en Leindershap). Dalam pelaksaannya ketiga gagasan tersebut melalui metode among. Kedua, relevansi Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara Perspektif Islam dengan konteks pendidikan kekinian yakni dapat menjadi solusi mewujudkan orientasi pendidikan yang mengedepankan kemerdekaan diri serta mengakui hak-hak orang lain dan mengedepankan permusyawaratan demi kepentingan bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 14:49
Last Modified: 12 Apr 2019 14:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item