PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SHALAT JAMAK DAN QASHAR DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Oktaviani, Zahrotul Ulfah (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SHALAT JAMAK DAN QASHAR DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan metode Numbered Head Together dalam mata pelajaran PAI materi shalat jamak dan qashar dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui metode Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi shalat jamak dan qashar dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pra siklus dan tiga siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru pada saat KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Subyek penelitiannya adalah siswa siswi kelas VII D SMP N 8 Salatiga sejumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa dan 14 siswi. Hasil dari penelitian ini mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa. Dari 30 siswa pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 10 siswa yang tuntas atau dalam persentase 33%. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 16 siswa atau persentasenya 53% sehingga dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu 6 siswa. Siklus II memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 21 siswa atau persentasenya 70% sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu 5 siswa. Dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 6 siswa. Data ketuntassan siswa yang dimiliki siklus III yaitu sebanyak 27 siswa yang tuntas dan persentasenya adalah 90%. Adapun nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata 59,7, pada siklus I memiliki rata-rata 64, pada siklus II memiliki rata-rata 74,7, dan pada siklus III memiliki rata-rata 81,7. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D di SMP N 8 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 15:05
Last Modified: 12 Apr 2019 15:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5347

Actions (login required)

View Item View Item