PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA DENGAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE IOC PADA SISWA KELAS XII SEMESTER II SMKN 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Uma, Vina Aslihatul (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA DENGAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE IOC PADA SISWA KELAS XII SEMESTER II SMKN 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIP FIX SIAP BURNING.pdf

Download (6MB)

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia dengan Metode Inside Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas XII Semester II SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno. S.Si.M.Pd. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Inside Outside Circle dan Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia siswa kelas XII Semester II SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2018/ 2019? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan tes formatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan Metode Inside Outside Circle (IOC) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII Semester II SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 77. Yakni presentase ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 41,37% menjadi 79,31%. Pada siklus II juga meningkat menjadi 96,55%. Lalu rata-rata kelas juga meningkat, dari pra siklus ke siklus I yaitu 72,10 menjadi 79,65. Pada siklus II juga meningkat menjadi 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil. Dengan penerapan Metode Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ)1 Semester II SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 08:23
Last Modified: 12 Apr 2019 08:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5351

Actions (login required)

View Item View Item